Kamis, 26 Februari 2009

Tentang Mikrotik

MikroTikls [dengan trade name MikroTik®] didirikan tahun 1995 bertujuan mengembangkan sistem ISP dengan wireless. MikroTikls saat ini telah mendukung sistem ISP dengan wireless untuk jalur data internet di banyak negara, antara lain Iraq, Kosovo, Sri Lanka, Ghana dan banyak negara lainnya.

Pengalaman dalam melakukan instalasi di Latvia dengan kondisi serupa di negara-negara pecahan Uni Soviet dan negara berkembang lainnya. Berbagai pengembangan telah dilakukan hingga saat ini tersedia perangkat lunak sistem operasi router versi 2 yang menjamin kestabilan, kontrol, dan fleksibilitas pada berbagai media antar muka dan sistem routing dengan menggunakan komputer standart sebagai hardware. Perangkat lunak ini mendukung berbagai aplikasi ISP, mulai dari RADIUS modem pool, hingga sirkuit backbone dengan DS3.

MikroTik berlokasi di Riga, ibukota Latvia, dengan 50 orang karyawan. Mikrotik juga menjalankan sebuah ISP kecil, sebagai media percobaan untuk pengembangan routerOR software.

Mikrotik RouterOS merupakan system operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router.
Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya.
Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows application (WinBox).
Selain itu instalasi dapat dilakukan pada Standard computer PC.
PC yang akan dijadikan router mikrotikpun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan beban yang besar ( network yang kompleks, routing yang rumit dll) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan resource PC yang memadai.
Fasilitas pada mikrotik antara lain sebagai berikut :
- Protokoll routing RIP, OSPF, BGP.
- Statefull firewall
- Hotspot for Plug-and-Play access
- remote winbox GUI admin

Lebih lengkap bisa dilihat di www.mikrotik.com.
Meskipun demikian Mikrotik bukanlah free software, artinya kita harus membeli licensi terhadap segala fasiltas yang disediakan.
Free trial hanya untuk 24 jam saja. Kita bisa membeli software mikrotik dalam bentuk CD yang diinstall pada Hard disk atau disk on module (DOM).
Jika kita membeli DOM tidak perlu install tetapi tinggal menancapkan DOM pada slot IDE PC kita.

Minggu, 22 Februari 2009

Bikin Sentral Telepon Sendiri untuk VoIP

Tanpa harus melalui jaringan perusahaan komunikasi tertentu, kita dapat membangun sendiri infra struktur komunikasi suara dengan perantaraan internet. Sentral telepon atau PABX yang diperlukan dapat kita rakit dari PC tua sekelas prosesor Intel Pentium 4 generasi awal.

Lagi-lagi, kita akan kembali menggandeng Pinguin lucu, Linux untuk melaksanakan fungsi sebagai perangkat lunak server VoIP. Distro Linux bernama Briker IPPBX hasil karya putera negeri, yaitu Anton Raharja kita pilih mengigat konfigurasinya cukup mudah dan menggunakan antar muka (interface) grafis. Terimakasih dan salut kami ucapkan untuk Anton Raharja.

Briker IPPBX sampai dengan saat artikel ini ditulis telah mencapai rilis 2.0 dengan codename OWP (Onno W. Purbo). Sebelumnya, rilis 1.0 diberi sandi Azzelia (nama puteri Anton Raharja). Silakan kunjungi situs resmi Briker IPPBX di alamat www.briker.org dan download file ISO Briker IPPBX dari situs tersebut.

Membuat CD Installer Briker IPPBX

Sekilas, membuat server VoIP terdengar sebagai kerjaannya para geek. Tapi, dengan Briker IPPBX, dan mengikuti paparan kami, Anda akan merasakan betapa mudahnya pekerjaan ini. Briker IPPBX juga dibuat berbasis distro Linux Debian yang telah melahirkan distro Ubuntu dan Knoppix. Siapa tak kenal dengan Ubuntu yang terkenal sangat user friendly dan powerfull itu?

Setelah file ISO di-download, silakan bakar (burn) file ISO tersebut ke dalam CD. Tujuannya, agar dapat di-booting dari CDROM untuk proses instalasi Briker IPPBX ke dalam harddisk. Untuk membakar file ISO Briker IPPBX, Anda dapat menggunakan program Nero (Windows), K3B (Linux), atau Brasero (Linux Ubuntu 4.10) dan memilih opsi Burn Image to Disk.

Pengubahan Prioritas Booting Komputer

Segera, setelah proses burning ISO selesai, kita akan menginstal Briker IPPBX ke dalam harddsik. Perlu Anda perhatikan, bahwa Briker IPPBX akan langsung memformat bersih harddisk Anda. Oleh karena itu, jangan menginstal Briker IPPBX pada harddisk yang berisi partisi atau data-data penting Anda.

Sebelum memulai instalasi, ubah dahulu prioritas urutan booting komputer yang semula dari harddisk hda0 (ATA) atau sda0 (SATA) menjadi booting dari CDROM. Caranya, sesaat setelah komputer melakukan booting, tekanlah berkali-kali tombol Delete pada keyboard untuk masuk ke dalam konfigurasi BIOS (Basic Input-Output System). Tombol ini dapat berbeda-beda untuk masing-masing produsen motherboard komputer. Maka, kami sarankan untuk melihat kembali buku manual motherboard PC Anda.

Secara umum, konfigurasi prioritas urutan booting ada pada bagian Anvanced Settings atau tab Boot. Masuklah ke bagian tersebut, lalu ubahlah prioritas booting dari CDROM berada pada urutan pertama (First boot). Setelah itu, simpan konfigurasi ini dengan masuk ke bagian Exit dan pilih Exit and Save Settings.

Proses Instalasi Briker IPPBX

Tibalah saatnya kita menginstal Briker IPPBX ke dalam harddisk yang tidak berisi partisi atau data penting. Sekali lagi, kami mengingatkan hal ini, agar Anda tidak melakukan kesalahan fatal dan kehilangan aset data penting.

1. Masukkan CD berisi Briker IPPBX ke dalam CDROM, maka PC akan segera booting dari CDROM. Jika tampil pilihan boot, ketikkan “install” (tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter.

2. Installer akan melakukan pengecekan terhadap kondisi CD installer Briker IPPBX.

3. Selanjutnya, modul-modul instalasi akan dimuat atau di-load.

4. Proses pembuatan partisi untuk sistem Briker IPPBX akan segera dilaksanakan, disusul dengan proses pemformatan partisi sistem tersebut.

5. Instalasi paket-paket aplikasi diawali dengan instalasi sistem dasar.

6. GRUBS (Grand Unified Bootloader) untuk manajemen proses booting Briker IPPBX akan diinstal.

7. Proses finalisasi instalasi akan menutup proses instalasi.

Konfigurasi Awal Sistem dan Jaringan

Setelah proses instalasi Briker IPPBX selesai, keluarkanlah CD installer Briker IPPBX dari CDROM. Pada pilihan booting, ketikkan “harddisk” (tanpa tanda kutip) untuk booting dari harddisk, lalu tekan tombol Enter.

Selama proses booting kita akan dapat melihat layanan (service) apa saja yang dijalankan dalam sistem Briker IPPBX kita. Setiap proses yang berhasil dilaksanakan ditandai dengan teks OK di bagian kanan layar.

1. Begitu sampai pada bagian untuk masuk ke dalam sistem (login), ketikkan “support” (tanpa tanda kutip) pada bagian User ID dan “Briker” (tanpa tanda kutip) pada bagian Password. Keduanya merupakan User ID dan password bawaan bagi administrator sistem Briker IPPBX. Ingat, prinsip case-senssitive (pembedaan antara huruf besar dan huruf kecil) berlaku dalam sistem Briker IPPBX yang berbasis Linux Debian. Jadi, mohon hati-hati dan cermat saat membuat atau mengisi User ID dan password. Ketika Anda mengetikkan password, karakter yang Anda ketikkan tidak akan ditampilkan. Hal ini bukan berarti layar atau sistem Anda yang rusak, melainkan semata-mata untuk alasan keamanan agar password Anda tidak bisa dilihat orang lain.

2. Jika Anda ingin meningkatkan keamanan dengan mengganti password administrator sistem Briker IPPBX, silakan ketikkan perintah passwd. Lalu, ketik password yang Anda inginkan. Sistem Linux akan menganalisis kekuatan password itu. Jika dinilai terlalu pendek, sistem akan meminta Anda memberikan password lain, minimal 6 karakter. Ketikkan lagi password sebagai konfirmasi, dan tekan Enter.

3. Server Briker IPPBX kita secara standar memiliki nomor IP 192.168.2.2. Hal ini belum tentu sesuai dengan jaringan lokal yang kita miliki. Untuk itu, kita perlu mengubahnya. Sebelumnya, jika Anda ingin melihat detail alamat server Briker IPPBX, silakan ketik perintah ifconfig.

4. Untuk mengubah pengalamatan server Briker IPPBX dalam jaringan lokal kita, ketik perintah nano /etc/network/interfaces. Kata “nano” berarti kita menggunakan editor teks nano untuk menyunting file konfigurasi jaringan. Selain nano, Anda juga dapat menggunakan editor teks vi atau mcedit. Setelah beres, simpan konfigurasi jaringan pada file tersebut dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + O, disusul dengan menekan tombol Enter. Setelah itu, keluarlah dari editor teks nano dengan menekan tombol Ctrl + X.

Administrasi Sistem Briker IPPBX

Konfigurasi dasar pada sistem dan jaringan telah selesai. Kini, kita akan melakukan proses administrasi pada sentral telepon atau PBX server VoIP kita ini. Berpindahlah ke komputer lain yang terhubung ke server Briker IPPBX, kita akan melakukan administrasi akun (account) pengguna atau client lewat browser web.

1. Pada komputer tersebut, jalankan browser web, lalu ketikkan alamat nomor IP server Briker IPPBX dan tekan Enter. Anda akan diarahkan ke halaman login administrator. Pada bagian User name, ketik administrator, sedangkan pada bagian password isi dengan password administrator (root) Briker IPPBX Anda. Jika password administrator tidak Anda ganti, isi dengan Briker. Klik tombol Login.

2. Halaman selamat datang akan ditampilkan. Di dalamnya kita dapat menyimak detail tentang rilis sistem Briker IPPBX, para developernya, serta alamat kontaknya.

3. Langsung saja kita membuat beberapa nomor ekstensi untuk pengguna (client). Klik teks IPPBX Administration, lalu klik menu Extension. Pada pilihan Device, pilih Generic SIP Drive, lalu tekan tombol Submit.

4. Ada banyak sekali isian pada bagian Add SIP Extension, namun yang bersifat wajib dan mendasar (mandatory) hanyalah bagian User Extension dan Secret. Bagian Display Name dapat Anda isi dengan identitas singkat pengguna. Untuk mencegah kebingungan, User Extension berperan sebagai User ID atau User name bagi pengguna dalam sistem Briker IPPBX. Sementara itu, Secret berperan sebagai password pengguna. Jika sudah selesai, tekan tombol Submit.

5. Terapkan pengaturan ekstensi yang baru kita lakukan dengan menekan tombol Apply Configuration Changes.

6. Akan ditampilkan kotak dialog Apply Configuration Changes. Arahkan pilihan ke Continue with Reload, lalu tekan tombol Enter.

7. Proses reload akan dilaksanakan. Tunggu sampai selesai.

8. Ekstensi-ekstensi yang sudah kita buat, akan terlihat lengkap dengan Display name-nya pada bagian kanan-atas layar administrasi.

Konfigurasi Softphone pada PC Client

Nah, bagian yang semula kita pikir sulit (dan ternyata tidak terlalu sulit) telah kita lalui. Kini, kita pasang “pesawat telepon” pada komputer client. Pesawat telepon ini berupa software yang sering disebut sebagai softphone. Pasang juga headphone yang dilengkapi dengan mikrofon pada komputer client untuk berkomunikasi lewat softphone.

Ada beragam softphone gratis. Bagi pengguna sistem operasi Windows, SJ-Phone keluaran SJ Labs dapat digunakan. Sementara itu, untuk pengguna Linux, Ekiga dapat dipilih sebagai alternatif. Dalam praktek kali ini, kami mengandaikan PC client menggunakan sistem operasi Windows, sehingga SJ Phone dipilih sebagai softphone.

1. Setelah diinstal, jalankan SJ Phone. Tekan tombol Options yang berupa ikon kunci pas dan palu.

2. Kotak dialog Options akan ditampilkan. Bukalah tab Profiles. Arahkan pilihan (sorot) pilihan PC to PC (SIP), lalu tekan tombol New.

3. Kotak dialog Create New Profile akan ditampilkan. Pada bagian Profile name, isi dengan nomor ekstensi pengguna yang akan berkomunikasi lewat komputer client ini. Pada bagian Profile Type, arahkan ke pilihan Call trough SIP Proxy. Tekan tombol OK.

4. Kotak dialog Profile Options akan ditampilkan. Bukalah tab SIP Proxy. Pada bagian Proxy Domain, isi dengan nomor IP server Briker IPPBX kita. Pada bagian Port, isi dengan port standar yang digunakan untuk komunikasi VoIP, yaitu 5060. Beri tanda check (centang) pada bagian Register with Proxy dan pada bagian Unregister contact address only. Setelah itu, tekan tombol OK.

5. Kotak dialog Service akan ditampilkan. Pada bagian Account, isi dengan nomor ekstensi pengguna yang hendak berkomunikasi dengan komputer client ini. Pada bagian Password, isi dengan Secret dari ekstensi pengguna tersebut. Jika sudah, tekan tombol OK.

6. Kotak dialog Options akan kembali ditampilkan. Di dalamnya sekarang kita lihat nomor ekstensi pengguna (client) yang menggunakan PC tersebut telah terdaftar dan statusnya adalah In Use. Tekan tombol OK.

7. Lihatlah pada bagian atas softphone SJ-Phone. Sekarang nomor ekstensi pengguna telah terdaftar, aktif, dan terhubung ke server Briker IPPBX kita.

8. Pengguna (client) dapat mengecek client lain yang sedang online dengan menekan tombol Neigborhood di bagian bawah softphone SJ Phone.

9. Ketika ada panggilan masuk dari client lain, maka akan tampil kotak dialog konfirmasi untuk menerima atau menolak panggilan tersebut. Tekan tombol Accept untuk menerima panggilan, lalu mulailah bercakap-cakap lewat headphone dan mikrofonnya.

10. Sebaliknya, jika Anda ingin menelepon client lain, ketik saja nomor ekstensinya, lalu tekan tombol Dial.
sumber:infokomputer.com

Kamis, 19 Februari 2009

Skype, Yahoo Messengger dan Voip

SKYPE
Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara [1] . Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.

Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar. Hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna.

YAHOO MESSENGER
Yahoo! Messenger (sering disingkat "Y!M" atau "YM") merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail.

Yahoo! telah mengumumkan kerjasama dengan Microsoft untuk bergabung dalam jaringan instant messenger. Hal ini mengakibatkan Yahoo! Messenger dapat berhubungan dengan layanan .NET Messenger milik Microsoft. Layanan ini mulai berfungsi sejak 13 Juli 2006. Versi terakhir Yahoo! Messenger untuk Microsoft Windows adalah 9.0.0.1912.

VOIP
Apakah yang dimaksud dengan VoIP?
Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang memungkinkan pengalihan/konfersi percakapan suara melalui Internet ataupun jaringan Internet.
» Bagaimana cara bekerja VoIP?
VoIP mengubah sinyal suara dari jaringan telepon menjadi sinyal digital yang melalui Internet. Bila Anda melakukan panggilan telepon melalui jaringan telepon biasa, sinyal suara yang dikirim akan dikonversikan ke sinyal digital untuk kemudian dialirkan melalui jaringan Internet dan kemudian dikembalikan ke sinyal suara di tempat penerima.
» Apakah yang dimaksud dengan VoIP Gateways?
VoIP Gateways adalah perangkat yang menkonversi sinyal suara analog menjadi sinyal Internet sehingga dapat ditransmit ke dalam jaringan LAN atau WAN. VoIP Gateway memiliki port telepon dan/atau ethernet lebih dari empat port

Selasa, 17 Februari 2009

TIPS MENANGANI KRITIK DAN KEMARAHAN

Ketika menyadari bahwa segala hal tidak berhasil sebagaimana yang kita inginkan, kita merasa tertekan dan terdesak. Dua langkah yang pada umumnya diambil adalah mengkritik orang-orang yang sepertinya menjadi penyebab dari tidak terpenuhinya keinginan kita atau merencanakan sesuatu dengan orang-orang yang berkaitan dengan proyek itu. Pada dasarnya, tidak terpenuhinya harapan dapat menyebabkan kita mengkritik orang lain. Kehidupan memberi kita berbagai situasi. Semua situasi itu tidak tidak tepat seperti yang kita harapkan atau kita sukai. Allah SWT telah menciptakan setiap orang dengan berbeda-beda. Setiap orang memiliki persepsi yang berbeda mengenai setiap situasi atau peristiwa. Ada lebih dari satu cara dalam melakukan hal yang sama. Pertanyaannya, meskipun menyadari bahwa kritikan dan kemarahan adalah sia-sia, mengapa kita masih membiarkan musuh yang mematikan ini menyergap kita.
Salah satu cara untuk menangani situasi seperti ini adalah dengan menuliskan pikiran kita tentang mengapa kita bersifat suka mengkritik dan bersikap menjengkelkan. Sering kali, setelah menulis semua ini, kita baru menyadari telah membuat hal yang kecil menjadi besar. Menuliskan pikiran anda yang suka mengkritik dan marah itu bagaikan pilihan undo pada komputer. Suatu situasi kemarahan atau kritikan dapat dihilangkan dengan menggunakan pilihan ini. Kita dapat membebaskan diri dari kritikan, kemarahan yang tidak masuk akal, kekerasan, serta kesalahan kita jika kita dapat memisahkan hal-hal itu dengan jelas di dalam pikiran dengan menuliskannya di atas kertas. Terkadang, kritikan dapat dibenarkan untuk “mengantarkan” suatu maksud. Kenyataannya, daam kehidupan yang sebenarnya, orang yang dikritik itu memperhatikan emosi kita, bukan pada pokok permasalahan yang ingin kita jelaskan. Apa yang kita katakan dalam kritikan lebih menarik perhatian dibandinkang mengapa kita mengkritik. Kenyataan lainnya adalah orang yang kita kritik biasanya melakukan pendekatan defensif dan pembenaran diri. Secara rasional, orang yang dikritik cenderung menerima suatu argumen. Akan tetapi, kritikan yang masuk akal, tidak peduli betapapun itu dibenarkan, selalu menimbulkan rasa dendam.
Memang benar, terkadang kritik itu perlu untuk mendapatkan hasil atau meraih suatu sasaran khusus. Namun, harus selalu diingat bahwa manusia dapat menjadi sangat tidak rasional. Terkadang, alasan yang paling masuk akal pun tidak menggerakkan mereka, terlebih ketika itu adalah masalah yang menyangkut kehormatan dan harga diri mereka. Kritikan apapun berakibat merendahkan harga diri seseorang. Karena itu, suatu pendekatan yang menghasilkan keuntungan maksimal dengan perselisihan minimal akan memberikan hasil terbaik. Bagaimana kita mempraktikkannya?
Ada sejumlah teknik yang dengannya kita dapat mengendalikan naluri kita yang suka mengkritik dan marah. Kita harus berusaha mengurangi kecenderungan suka mengkritik. Salah satu pendekatan terbaik adalah dengan menghitung perlahan-lahan sampai 10 ketika kita marah dan cenderung suka mengkritik. Logikanya adaah ketika marah, kita kehilangan rasa keseimbangan dan rasionalitas. Kita mengucapkan kata-kata kritikan tanpa menyadari kegawatannya. Dengan menghitung sampai 10, secara seketika akan memindahkan fokus, dan karenanya akan mengganti keadaan pikiran. Hal ini akan memberikan waktu untuk perasaan yang lebih baik dalam mengusai keadaan. Dengan melakukan ini, kita dapat mencegah dari berbuat hal-hal atau menyatakan pikiran yang akan kita sesali kemudian.
Setiap penundaan dalam menangani suatu masalah dapat menimbulkan hilangnya kesempatan untuk membatasi kerugian. Hidup memberi kita berbagai situasi dan pilihan untuk marah, tetap tenang, mengkritik, atau memuji orang. Mengeraskan sikap menyebabkan sebagian besar orang membenarkan pendirian mereka. Dalam situasi seperti itu, orang memakai kalimat seperti “Tidak ada salahnya saya menyerang apa yang dikatakannya”. Manusia cenderung mengendalikan perasaan sendiri, meskipun ia mungkin sudah memulai pergumulan itu dan orang lain hanya membalas [dendam].
Teknik lain untuk mengendaikan kemarahan adalah, alih-alih berteriak atau memekik, dengan mengambil sehelai kertas dan tuliskan apa saja yang ingin anda katakan pada orang yang ingin anda kritik. Jangan menyunting atau memperhalusnya. Tuliskan persis apa yang ada dalam benak anda, termasuk kata-kata makian atau kotor, atau kata-kata yang tidak pantas untuk wakil rakyat. Proses penulisan ini justru akan melepaskan kritikan dan kemarahan anda. Juga, akan membuat anda merasa lebih baik. Tunjukkan semua makian yang anda ingin tumpahkan pada orang itu. Simpanlah surat itu, bacalah beberapa kali. Kegiatan ini akan membuat anda mampu mengeluarkan isi hati dan anda akan menyadari kesia-siaan kritikan itu. Hal ini adalah pilihan undo. Setelah beberapa saat, anda sendiri yang akan menghancurkan kertas itu. Jika anda merasa masih perlu melakukannya dan anda merasa ia dapat dibenarkan, sampaikan dengan pokok-pokok yang sama, tetapi dengan cara yang sopan, entah secara lisan atau melalui surat. Anda selalu dapat menyampaikan rasa tidak senang secara santun. Praktikan hal ini dalam tulisan. Hal ini juga akan membuat anda mampu melakukannya dalam pidato. Beberapa orang menggunakan kemarahan dan kritik agar tuntutan mereka dikabulkan, seperti anak-anak yang menggertak orang tuannya dan mengeluarkan amarah yang hebat untuk mencapai maksudnya. Pendekatan ini mungkin berhasil dengan anggota keluarga anda, tetapai tidak untuk orang luar yang mungkin tidak akan setoeran orang tuan anda.
Kritik dan kemarahan yang disalurkan dengan baik dapat menghasilkan energi luar biasa yang dapat mengarahkan pada pencapaian yang luar biasa. Energi ini dapat digunakan dengan cara yang tepat dari pada anda memecahkan peralatan rumah atau kehilangan kendali atas orang lain. Ketika benar-benar marah, anda dapat menyembuhkannya dengan melakukan olah raga fisik yang menuntut, seperti tenis, bulutangkis, squesh, hoki, sepakbola, dan kriket. Ketika memukul bola, berpura-puralah anda sedang memukul orang yang membuat anda marah. Permainan atau olahraga yang dilakukan dengan bersemangat dapat membantu anda melepaskan amarah tanpai melukai siapa pun.
Misalnya, jika anda marah terhadap seseorang dan anda barmain hoki atau sepakbola, anda dapat men-smash bola dan merasa lega tanpa harus terlihat bodoh. Permainan yang penuh semangat bahkan dapat membuat anda menang. Namun, salah satu efek yang pasti adalah kemarahan dan kritikan anda dapat menipis. Pada saat yang sama, anda sudah menyalurkan bahaya menuju pencapaian yang positif. Bagi anda yang berjiwa artistik, cara lain untuk melepaskan amarah adalah dengan menulis puisi atau melukis. Anda dapat membalas dengan dengan cara yang sopan melalui aktivitas itu dan tetap mempertahankan keseimbangan anda. Juga, anda dapat membuat gambar lucu mengenai seluruh masalah dan memperolok, atau mungkin juga dapat dihiasi dengan lelucon orang melalaui gambar itu.
Terkadang, marah terhadap sistem dan masyarakan membuat orang sinis. Hal ini dapat menimbulkan pandangan negatif mengenai segala sesuatu. Adalah penting untuk menjaga diri kita agar tidak menjadi sinis. Sebagai gantinya, lakukan sesuatu untuk meralat sistem itu, seperti menulis surat untuk surat pembaca di surat kabar mengenai permasalahan yang membuat anda mengkritiknya. Pada beberapa kejadian, ketidakefisienan administrasi atau ketidakadilan terhadap orang lain memancing kita untuk marah. Salah satu cara untuk merasionalisasi amarah adalah berusaha sebaiknya untuk menyerang permasalahan dan sistem itu, bukan secara individual, jika kesalahannya terletak pada sistem dan bukan pada individunya. Akan tetapi, jika kesalahannya terletak pada individunya, tunjukkan penyelewengan itu dan jangan menyalahkannya. Hal ini akan memotivasi individu itu agar lebih memperhatikan pekerjaannya dan menjamin agar penyelewengan serupa yang menimbulkan kritik itu tidak akan terjadi lagi.
by.ukafahrurosid.blogspot.com

TIPS BERJUANG UNTUK SUKSES

Ada berbagai jenis manusia di dunia ini, beberapa orang bekerja keras dan tidak berhenti bekerja untuk mewujudkan sesuatu. Beberapa orang hanya menjadi penonton, memperhatikan segala hal yang terjadi. Dan, ada pula orang yang menganalisis serta bertanya-tanya dalam hati mengapa terjadi sesuatu hal di masa lalu. Andalah yang memegang keputusan untuk menjadi tipe manusia yang bagaimana. Kesuksesan tidak hanya dengan menginginkannya terjadi. Juga, kesuksesan tidak dapat dihadapi seolah ia dapat jatuh ke pangkuan kita. Mencoba memaksakan kesuksesan terjadi dapat membuat kita luar biasa frustasi ketika hal-hal tidak seperti yang kita rencanakan. Seringkali, anda harus bekerja keras untuk memperoleh kesuksesan. Ada kartu harga dalam setiap kesuksesan di bidang kehidupan. Jika ingin menjadi seseorang yang luar biasa, anda harus berusaha melakukan hal-hal yang orang biasa tidak bersedia melakukannya. Semua peristiwa dalam hidup kita terjadi karena ada sebabnya. Setiap episode ada sebabnya yang akan anda lihat jika anda mencoba dengan cermat untuk memahami alasan peristiwa itu terjadi seperti itu. Terkadang, ketika segalanya berada di luar kendali, penting bagi anda untuk melepaskannya atau sebagaimana dikatakan orang “Lepaskan dan biarkan Allah SWT yang menanganinya”. Akan tetapi, melepaskan dan membiarkan Allah SWT menanganinya bukan berarti anda duduk-duduk saja dan cukup berdo’a agar berhasil, dan tidak melakukan apa-apa.
Sebaliknya, anda bertanggungjawab terhadap apa yang akan terjadi dalam hidup anda. Mencapai kesuksesan dalam hidup berarti mengatur semua perlengkapan untuk sukses dalam suatu cara yang akan memberikan hasil yang anda inginkan, bukan hasil yang menurut orang lain anda patut mendapatnya. Apa saja faktor yang dapat mengantar anda menuju kesuksesan? Anda harus menciptakan pendekatan anda sendiri berdasarkan hasil yang anda inginkan. Akan tetapi, ada unsur-unsur mendasar yang tanpanya kesuksesan tidak akan terwujud seperti:

1. Hasrat untuk sukses
2. Integritas
3. Kebulatan tekad
4. Fokus
5. Optimisme
6. Kepercayaan
7. Sikap positif
8. Kesadaran
9. Penegasan
10. Komitmen
11. dan cinta

Tidak ada satu program bimbingan yang akan memberikan hasil yang sama untuk semua orang karena semua orang adalah unik. Untuk mengeluarkan yang terbaik dari semua orang bahkan di dalam diri sendiri anda perlu memahami individu-individu.
Pemahaman mengenai individualitasnya sendiri akan membuat yang terbaik dari dalam diri seorang manusia keluar. Lakukan penelitian yang seksama untuk benar-benar memahami diri sendiri: perilaku, kebiasaan, wilayah fokus, ritual harian, pilihan, dan bakat anda yang unik. Pahami benar-benar apa yang anda lakukan dalam hidup. Bereksperimenlah terus dan temukan metode untuk mengubah bakat-bakat anda menjadi kekuatan yang pada gilirannya akan mengubah tujuan anda menjadi pencapaian hasil yang konkrit. Jika ingin berhasil, carilah seorang panutan, seorang yang telah sukses dalam bidang yang anda minati. Amati metode yang mereka gunakan untuk mencapai kesuksesan. Jika anda tidak dapat memperoleh akses kepada mereka, bacalah tulisan atau wawancara mereka. Kesuksesan itu menular dan pada gilirannya penularan itu akan menghasilkan kesuksesan. Mengikuti teknik atau pola kesuksesan orang lain secara signifikan akan mengurangi waktu yang anda gunakan untuk meraih tujuan. Anda akan menghemat waktu untuk menghindari kesalahan yang pernah dibuat orang lain. Panutan anda telah melewati perlombaan rintangan dan mencapai tujuan mereka dengan bersusah payah, setelah mengambil pelajaran dengan cara coba-coba (trial and error). Individu yang sukses atau para panutan telah mempelajari apa yang harus dilakukan dan yang lebih penting apa yang tidak boleh dilakukan. Sebaiknya, ikuti nasihat baik mereka dan sesuaikan hal serupa dengan kondisi anda. Jika anda harus meniru mereka, lakukan dengan bijaksana. Anda dapat meningkatkan kesuksesan anda sendiri dengan menyetel secara tepat dan menyesuaikan teknik kesuksesan orang lain agar sesuai dengan tujuan anda. Ada jangkauan untuk peningkatkan terus-menerus dalam metode apa pun. Manusia jauh lebih mampu daripada yang mereka ketahui atau mengerti tentang diri mereka sendiri. Kita memiliki potensi yang tidak terbatas. Manusia telah melakukan hal-hal yang tidak mungkin. Satu-satunya hal yang menunda kemajuan kita adalah kepercayaan kita yang membatasi kemampuan kita sendiri. Jika kita percaya tidak akan sanggup melakukan sesuatu, kita tidak pernah dapat melakukannya. Seharusnya, kita menganut filosofi “ada suatu cara” dan “saya akan mencarinya dan berhasil dalam tugas saya”. Pendekatan ini membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Kita memiliki kemampuan untuk melakukan apa saja yang kita inginkan dalam kehidupan. Kita harus benar-benar memahami impian kita dan percaya diri sendiri sehingga kita berkomitmen pada tujuan kita dan tidak membiarkan siapapun atau apa pun menghalangi atau merebut impian itu.
by.http://ukafahrurosid.blogspot.com

Rabu, 04 Februari 2009

Tips Menghemat Waktu Anda

Kita semua diberi waktu 24 jam setiap hari. Namun, mengapa beberapa orang lebih tertata dalam pelaksanaan tugas dan dapat melakukan lebih banyak hal daripada orang-orang lainnya?

Berikut ini beberapa tips praktis yang dapat diterapkan setiap hari untuk membantu Anda menghemat waktu agar memiliki waktu ekstra. Jadikan sebagai kebiasaan Anda.

1. Menjawab surat-surat dengan bijak
Alokasikan waktu setiap hari untuk menjawab semua korespondensi, e-mail, voice-mail, pesan-pesan, memo antar kantor, dll. Jika Anda butuh waktu lebih dari satu jam untuk membaca dan menjawab e-mail, Anda mengalami kegagalan “sistem”.

2. Lakukan panggilan telepon dengan bijak

* Lakukan dan selesaikan panggilan telepon pada waktu yang telah ditetapkan. Yang paling efektif adalah pukul 10.00–11.30 dan 14.00–16.00. Apabila orang yang Anda hubungi tidak ada di tempat, buatlah janji temu yang pasti, atau tinggalkanlah pesan yang jelas.
* Beri tahu semua pihak yang berkepentingan dengan Anda bahwa Anda hanya menerima panggilan telepon pada jam-jam tertentu selama hari kerja. Panggilan di luar jam itu akan ditangani oleh asisten/sekretaris Anda atau mesin penjawab Anda.

* Gunakan voice-mail secara kreatif untuk mengalihkan si penelepon kepada orang lain atau menulis e-mail kepada Anda sebagai gantinya.
* Buatlah catatan mengenai poin-poin penting ketika Anda sedang berbicara melalui telepon. Perjelas hal-hal mengenai keputusan, komitmen, tindakan, tanggung jawab dan waktunya (dibubuhi tanggal dan jam).
* Kirimkan catatan ini melalui faksimile setelah pembicaraan lewat telepon berakhir. Kemudian arsipkan catatan ini bersama dengan korespondensi lainnya yang terkait dengan orang/klien itu.

3. Praktikkan empat hal berikut terkait dengan dokumen-dokumen tertulis: buanglah ke tempat sampah, limpahkan kepada orang lain, kerjakan sendiri, atau putuskan di mana Anda akan menyimpannya.

4. Tata meja Anda, sediakan tempat atau map untuk:

* Surat-surat yang akan dibaca dan dijawab.
* Surat-surat atau dokumen yang akan dikirimkan.
* Menyimpan dokumen-dokumen yang belum yakin akan dibuang atau disimpan. Tinjaulah dokumen-dokumen tersebut sekali sebulan.
* Menyimpan dokumen mengenai tindakan khusus yang harus dikerjakan (per minggu atau bulan).

5. Tamu yang datang tanpa pemberitahuan lebih dulu

* Jangan menerima tamu yang datang tanpa mengadakan janji temu terlebih dulu.
* Lakukan langkah 1–2–3 Anda keluar.
o 1—Lihat jam Anda.
o 2—Mulai mengabaikan
o 3—“Saya akan pergi ke ... Mari saya antar Anda pergi keluar.¨

6. Materi-materi bacaan
a. Sediakan map untuk menyimpan materi-materi bacaan.
b. Potonglah/fotokopilah materi-materi bacaan dan simpan ke dalam map.

7. Saat Anda menunggu
a. Gunakan waktu untuk tugas-tugas kantor sederhana:
- Menulis surat, memo, e-mail
- Menulis draft proposal
- Menelepon relasi
b. Membaca materi-materi bacaan dari map khusus bahan bacaan.

8. Saat bepergian, lakukan hal-hal berikut:
a. Mencari ide.
b. Pikirkan cara merancang proposal, surat, dll.
c. Menelepon untuk memberi instruksi.
d. Pikirkanlah hal-hal yang akan Anda lakukan dan tuliskanlah pada Post-it (potongan kertas berperekat).

9. Buatlah janji temu dengan Anda sendiri.

10. Belajar berkata “tidak”
a. Jangan melakukan pekerjaan orang lain.
b. Jangan menerima lebih banyak pekerjaan daripada yang dapat Anda tangani.
c. Jangan izinkan orang lain berkunjung ke tempat Anda seenaknya.
d. Jangan menghadiri pertemuan-pertemuan yang tidak perlu.
sumber:beritanet.com