Kamis, 20 Maret 2008

Tangkal Pencurian Mobil Lewat Sinyal


Detroit - Metode pencegahan pencurian kendaraan kini dikemas semakin canggih. Ponsel kita yang mungil pun bisa membantunya. Tinggal menghubungi operator untuk mengirimkan sinyal ke mobil yang dicuri via ponsel, selanjutnya laju mobil akan melambat maling pun tertangkap.

Alat ini merupakan sistem keamanan yang dikembangkan oleh GM OnStar. Fungsinya adalah untuk menghalau pencurian mobil yang telah dibawa kabur pencurinya.

Presiden OnStar Chet Huber mengatakan, jika telah terjadi pencurian, sistem keamanan OnStar yang terpasang di kendaraan bisa menghubungi polisi dan memberitahu posisi kendaraan.

Kemudian jika polisi ingin menangkap secara halus, mereka tinggal menelepon operator untuk mengirimkan sinyal melalui ponsel untuk memperlambat laju mobil hingga berhenti, lalu dengan mudah tinggal menangkap si pencuri, tutur Huber.

Alat ini rencananya akan diluncurkan dalam 20 model di tahun 2009. Bahkan, fitur radio yang berada di dalam alat tersebut juga diklaim dapat mengeluarkan suara dan meminta si pencuri untuk berhenti karena ada polisi yang mengawasi.

"Secara dasar, teknologi ini bekerja dengan menghilangkan kontrol tenaga kendaraan. Sistem selain itu semuanya bekerja dengan normal, seperti steering ataupun rem," tukas Huber, seperti dikutip detikINET dari Thestate, Rabu (10/10/2007)

Biaya yang harus dikeluarkan untuk berlangganan alat ini sebesar US$16.95 per bulan atau US$199 selama setahun untuk layanan dasar dan termasuk di dalamnya fitur pelambat laju kendaraan.
( ash / ash )

Tidak ada komentar: