Kamis, 24 April 2008

Microsoft Umumkan Live Mesh


Pelayanan Live Mesh yang baru diluncurkan sebagai versi "technology preview" adalah usaha Microsoft untuk mengumpulkan semua data kita. Live Mesh men-sinkronisasikan data dari berbagai alat (hanya yang berbasis Windows tentunya), saat ini hanya untuk PC yang menggunakan XP dan Vista saja, tetapi di masa depan akan dikembangkan ke alat - alat portabel.

Image Hosted by ImageShack.us
Mesh memungkinkan anda untuk menciptakan sebuah desktop virtual online dan menghubungkan beberapa komputer yang berbeda ke desktop itu. Tempatkan data apapun ke folder Mesh dan data itu akan langsung disinkronisasikan ke semua komputer yang terkoneksi. Anda juga akan dapat mengontrol komputer yang terhubung secara remote melalui Mesh.

Live Mesh dapat mensinkronisasikan data yang dipakai oleh pemakai tunggal ataupun data - data yang dipakai bersama. Dilihat sepintas, Mesh tampak terlihat mirip dengan jasa sinkronisasi lain seperti Dropbox, DugarSync dan produk Microsoft sendiri FolderShare, tetapi, perbedaan mendasar dari Live Mesh adalah cara kerjanya pada tingkat platform.

Seratus pengembang Microsoft telah bekerja membangun Mesh dalam dua tahun terakhir. Mesh lebih ditargetkan kepada para pengembang. Mesh tidak hanya menyediakan sebuah framework untuk mensinkronisasikan data dari alat ke alat, tetapi juga aplikasi. Mesh menggunakan RSS atau Atom feed dua arah yang dinamakan FeedSync.

Image Hosted by ImageShack.us


Sebagai contoh, seorang pengembang web dapat membuat sebuah aplikasi menggunakan bahasa favoritnya seperti Python, Ruby on Rails, Flex kemudian mensinkronisasikan aplikasi ini dengan aplikasi lain menggunakan FeedSync sebagai jalur komunikasi dua arah. Di sebuah demonstrasi, Microsoft memperlihatkan sebuah foto yang saat dipotret melalui sebuah kamera digital, langsung disinkronisasikan ke sebuah Mesh yang mengirimkan foto - foto ini ke sebuah album foto Facebook.

Tidak ada komentar: