Senin, 20 Oktober 2008

Menggali Bakat Terpendam Demi Karir Lebih Baik

foto berita artikel Kesuksesan, bakat atau kerja keras?
Bakat yang ada dalam diri seseorang pada suatu saat akan timbul sebagai kebutuhan, dan untuk itu perlu mendapatkan perhatian serius. Peluang terbaik untuk menemukan bakat tersembunyi dalam diri Anda adalah dengan menyelidiki bakat-bakat terdalam Anda, kemudian tingkatkanlah bakat kekuatan dengan kerja keras. Jika Anda memperhatikan bakat terdalam Anda dan memikirkan bagaimana hal itu dapat dinyatakan dalam perilaku bisnis spesifik, maka Anda sudah menemukan elemen keputusan karir yang baik.
Mungkin Anda memiliki suatu hobi atau kegemaran yang secara tidak langsung dapat diterjemahkan menjadi sesuatu yang komersial, namun Anda tidak tahu bagaimana memulainya. Oleh karena itu, rawat dan peliharalah bakat Anda sebagai untuk meraih kesuksesan. Temukan sesuatu yang unik dari diri Anda untuk dikembangkan menjadi suatu pilihan karir atau sumber pendapatan.

Berikut beberapa cara untuk mengetahui bakat tersembunyi Anda :
Buat diary. Catat di buku atau diary harian mengenai segala sesuatu yang cocok dengan diri Anda atau setidaknya pernah mendapatkan pujian dari siapa pun mengenai hal tersebut. Tanyakan pada diri Anda apa saja yang Anda anggap sebagai prestasi atau kepintaran Anda selama ini. Buat satu kolom mengenai kehebatan dan kekuatan Anda, lalu buat verifikasi alasan mengapa hal tersebut terjadi di kolom sebelahnya. Catat sekitar 10 kekuatan Anda, dan pilihlah mana prioritas terbaik yang dimiliki diri Anda.

Diskusi. Mintalah pendapat pada teman yang telah mengenal Anda dengan baik, dan memintanya untuk menyebutkan lima kekuatan Anda, juga alasannya. Agar lebih objektif, Anda dapat membuat suatu kelompok besar yang terdiri dari teman dekat atau sahabat Anda untuk membicarakan kekuatan dan kelemahan teman lainnya. Cocokkanlah pendapat mereka tentang Anda dengan pandangan Anda terhadap diri Anda sendiri.

Berikut merupakan beberapa tipe kecerdasan yang mungkin beberapa telah Anda miliki :
  • Intrapersonal : Mampu memahami dan merasakan diri sendiri
  • Interpersonal : Anda mudah beradaptasi dan terampil dalam bersosialisasi.
  • Naturalis : Anda suka ke alam bebas dan berusaha melindunginya
  • Musikal : Anda memiliki sensitifitas tinggi pada irama dan tempo
  • Spatial : Anda cenderung artistic dan senang terhadap obyek tertentu
  • Linguistik : Anda pintar bersilat lidah dan membawakan cerita.
  • Logis-matematis : Anda senang dan pandai menganalisis masalah dan berstrategi
  • Bodily-kinesthetic: Anda memiliki bakat gerak tubuh yang luar biasa
(h_n)

Tidak ada komentar: