Kamis, 06 November 2008

Sambut presiden Amerika yang baru

Sambut presiden Amerika yang baru!

Kemenangan Barack Obama atas John McCain, sudah cukup membuktikan bahwa charisma dalam dirinya mampu menarik simpati sebagian besar rakyat Amerika. Munculnya Obama menjadi Presiden Amerika Serikat yang baru dijanjikan akan memberikan perubahan bagi warga Amerika pada khususnya, walaupun banyak yang mungkin kurang setuju dengan kemenangan Obama dari partai Demokrat, karena ras kulit hitamnya. Namun, tahun ini yang pertama kalinya, Amerika akan dipimpin oleh warga negara berkulit hitam.

Di Indonesia, tempat masa kecil Obama, ratusan siswa di sekolah dasar tempat Obama bersekolah, juga selalu mendukungnya dan merasa bangga ketika Obama dinyatakan sebagai pemenang melawan wakil dari partai Republik, John McCain. Bahkan Nelson Mandela, presiden kulit hitam Afrika yang pertama, juga memberikan pernyataan berkaitan hasil kemenangan Obama bahwa semua orang dapat bermimpi dan memiliki keinginan untuk mengubah dunia, untuk menjadi tempat yang lebih baik.

Kemenangan Barack Obama atas John McCain didukung oleh kreativitas Obama dan orang-orang di sekitarnya. Jika John F. Kennedy menggunakan televisi sebagai medianya, maka Obama melakukan hal yang sama, namun dengan menggunakan media social, yakni Web 2.0, sebagai pusat platform dari kampanyenya. Selain itu, Obama juga menggunakan YouTube ke jaringan social dunia maya dan mulai membuat link jejaring social seperti ke Facebook, MySpace, Flickr, Digg, Twitter, LinkedIn, Eventful, Eons, Black Planet, Asian Ave, dan masih banyak lagi. Selain itu juga ada blog My.BarrackObama.com, dimana para pendukung Obama dapat berbicara dengan voter yang lain, kemudian ikut event kampanye Obama, dan sebagainya. Barack TV dan Obama Mobile, bahkan voting melalui pesan text juga ikut digencarkan menjadi tool praktis kampanye Obama.

Hasil kampanye politik Obama dengan menggunakan politics 2.0 tersebut mampu membawa Obama hingga menarik simpati warga Amerika sekitar 52 persen, voting popularitas di setiap kota Amerika mencapai 63,914,808 orang, dan jumlah keseluruhan daerah pemilihan yang sebagian besar mendukung Obama (electoral vote) mencapai 349 tempat. Sedangkan John McCain hanya mendapat 46 persen, atau popularitasnya mencapai 56,419,827 orang atau hanya 162 electoral vote.

Barack Obama sendiri lahir di Honolulu, Hawaii, bulan Agustus 1961, dengan nama lengkap Barack Hussein Obama Jr, hasil perpaduan ayahnya yang berasal dari Kenya dan ibunya dari Kansas. Dengan perpaduan Barack Obama dan wakilnya, Senator Joe Biden of Delaware, yang sebelumnya bekerja sebagai komite yudisier Amerika, maka diharapkan akan membawa Amerika menuju era baru. (h_n)

Tidak ada komentar: