Minggu, 21 Agustus 2011

Abstrak I

ABSTRAK
Rabaiyah,2010.Penerapan metode dongeng untuk meningkatan kemampuan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SD Inpres Je’ne Madinging Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa.
Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam proses pembelajaran melalui metode dongeng pada siswa kelas I SD Inpres Je’ne Madinging Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Sampelnya adalah siswa kelas I pada SD Inpres Je’ne Madinging Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berbicara pada siswa kelas I SD Inpres Je’ne Madinging Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan penggunaan metode dongeng. Hal tersebut terlihat dari aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang semakin meningkat dalam setiap siklusnya, yaitu nilai rata-rata hasil pengamatan guru pada siklus I sebesar 2,75 dan meningkat menjadi 3,55 pada siklus II. Dan dilihat dari hasil tes berbicara pada siklus I diketahui 18 dari 30 siswa telah mencapai nilai KKM (60), dan meningkat pada siklus II di mana 29 dari 30 siswa telah berhasil mencapai nilai KKM (60).
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus tersebut diatas, ternyata hipotesis yang telah dirumuskan terbukti kebenarannya artinya ternyata langkah pembelajaran melalui metode dongeng dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas I SD Inpres Je’ne Madinging Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa.

Tidak ada komentar: