Minggu, 21 Agustus 2011

Abstrak II

ABSTRAK
Rabaiyah,2009. Upaya meningkatkan disiplin guru melalui pemberian reward dan funishment guna menunjang efektifitas pengajaran di SD Inpres Je’ne Madinging Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pemberian reward dan funishment dapat meningkatkan disiplin waktu guru dalam melaksanakan pengajaran di SD Inpres Je’ne Madinging Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa.
Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan sekolah. Sampelnya adalah Guru SD Inpres Je’ne Madinging Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa berjumlah 9 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, karena dari hasil penelitian dan analisa data, ternyata pada siklus kedua, kedisiplinan guru memenuhi indikator yang telah ditetapkan yakni sebesar 75%.
Berdasarkan hasil pembahasan siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa, perolehan disiplin waktu mengenai kedatangan guru pada jam-jam pertama dan disiplin waktu guru setelah jam istirahat sudah mengalami peningkatan yang berarti, pada akhir siklus I hanya sekitar 33% meningkat menjadi 78% pada siklus II, terjadi peningkatan 45%, Perolehan disiplin dalam mengadakan persiapan perangkat pembelajaran yang tadinya hanya sekitar 56% pada siklus I dari jumlah guru yang ada dan pada siklus II sudah dapat mencapai 89%, rata-rata terjadi peningkatan 33% dan Perolehan ketercapaian target kurikulum yang menstandarkan angka 80 pada KKM tiap mata pelajaran pada masing-masing guru. Pada akhir siklus I rata-rata ketercapaian target kurikulum mencapai sekitar 33% saja, sedangkan pada siklus II mencapai sekitar 78%, terjadi peningkatan sekitar 45%.

Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran disekolah pada pada jam-jam pertama dan disiplin waktu guru mengajar setelah jam istirahat pada kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan penerapan Reward and Punishment kepada guru.

Tidak ada komentar: