Minggu, 21 Agustus 2011

Abstrak III

ABSTRAK
Rabaiyah,2007.Peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui kelompok kerja guru (KKG) di Sekolah Dasar Inpres Je’ne Madinging.
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui diskusi kelompok kerja guru pada Sekolah Dasar Inpres Je’ne Madinging Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa.
Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan sekolah. Sampelnya adalah Guru SD Inpres Je’ne Madinging Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) berjumlah 8 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.
Berdasarkan hasil pembahasan siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa, Ada peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui pendekatan diskusi kelompok kerja guru (KKG) di SD Inpres Je’ne Madinging Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa. Perolehan nilai rata-rata peningkatan kemampuan guru memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yaitu nilai rata-rata observasi hasil kegiatan diskusi 79,38 di siklus I menjadi 84,88 pada siklus II terjadi peningkatan 5,5. Perolehan nilai rata-rata penyusunan skenario pembelajaran 78,75 di siklus I menjadi 82,50 di siklus II ada peningkatan 3,75. Kegiatan pembelajaran atau dalam proses belajar mengajar nilai rata-rata 78,33 di sklus I menjadi 82,08 di siklus II, ada peningkatan 3,75. Dari 8 orang guru yang terlibat, 5 orang mendapat skor dengan kategori “baik” sedangkan 3 orang dengan kategori “cukup”. Oleh karena itu dilanjutkan dengan tindakan siklus II yang hasilnya secara umum ada peningkatan kearah yang lebih baik yaitu 75% guru sudah mendapatkan kategori baik dengan skor rata-rata 80-89.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat dilakukan melalui diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) pada Sekolah Dasar Inpres Je’ne Madinging Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa.

Tidak ada komentar: