Rabu, 18 Juni 2008

Laptop Mungil dan Murah Berjubel di Computex

Penulis: Gunther Prienz - detikinet


MSI Wind Series (G. Prienz)

Taipei - Laptop kian mungil, murah dan berlimpah. Inilah yang tampak di pameran Computex kali ini. Beberapa diantaranya bakal dapat Anda lihat di pameran Festival Komputer Indonesia yang akan diselenggarakan tanggal 17 – 21 Juni mendatang di beberapa kota besar di Indonesia.

Pabrikan notebook asal Taiwan seperti Microstar International (MSI), Acer, GeCube, Gigabyte Technology dan Asustek memajang beberapa produk terbaru mereka di Computex kali ini.

MSI memamerkan notebook Wind Series. Laptop murah berlayar LCD 10 inch mengadopsi prosesor anyar Intel Atom 1,6 GHz, harddisk 80 GB dan memori 1 GB lengkap dengan sistem operasi Windows. Menurut penjelasan salah seorang staf MSI, diperkirakan sub-notebook ini bakal masuk ke pasar Indonesia dengan harga kisaran 5.250.000 rupiah.

Acer memamerkan Aspire One, notebook berprosesor Atom. Notebook berlayar 8,9 inch bakal menawarkan dua pilihan media penyimpanan antara SSD 8 Gb atau 80 Gb serta pilihan OS antara Linux atau Windows XP. Pihak Acer menyatakan bahwa produk ini nantinya bakal hadir dengan pilihan memori 1 GB atau 512 MB dan card reader 5 in 1.

GeCube yang lebih popular dengan produk VGAnya, kali ini justru tampil dengan notebook customized, Genie SR. Notebook berprosesor VIA C7-M ini memiliki layar 10 inch, memori DDR 2 512 MB, dan menggunakan VGA on board UniChrome Pro 2. Saat dikonfirmasikan, juru bicara GeCube mengungkapkan bahwa Genie SR nantinya akan beredar di pasaran dalam bentuk OEM maupun merek GeCube sendiri.

Sementara kalangan vendor notebook memposisikan produk mereka berdasarkan harga, produk Gigabyte M192X membedakan dirinya dengan menawarkan fitur advanced – layar LC putar 8,9 inch yang berperan ganda sebagai touch screen serta slot express card untuk upgrade modem 3G.

M192X keluaran Gigabyte ini menyertakan prosesor Intel Atom N230 1,6 Ghz, serta pilhan harddisk 2,5 inch hingga 250 GB. Perwakilan Gigabyte memperkirakan produk ini beredar di pasaran dengan harga sekitar 700 US dolar dan ready stock pada pertengahan Juli hingga awal Agustus mendatang.

Puncaknya, vendor Asus yang terkenal lewat produk Eee Pc-nya bakal menghadirkan 3 varian terbaru dari produk andalannya. Ketiga produk tersebut adalah notebook 8,9 inch, seri 901 dan dua buah notebook berlayar 10 inchi seri 1000 dan 1000H. Ketiga laptop anyar ini bakal hadir dengan prosesor Intel atom terbaru.

Asus juga memperkenalkan Eee Box nettop, sebuah desktop berukuran mini yang memiliki spesifikasi mirip dengan MSI Wind series. Komputer mini Asus ini hanya mengkonsumsi listrik sebesar 20 watt dan bakal beredar di pasaran dengan kisaran harga 200 US dollar minus layar monitor. ( dwn / fyk )

Tidak ada komentar: