Minggu, 12 April 2009

Pergerakan Massa melalui Internet

Massa, terutama dari kalangan masyarakat intelektual, merupakan modal paling penting dalam pergerakkan roda perekonomian dan industri teknologi tinggi. Kesuksesan dalam menggerakkan masyarakat intelektual merupakan kunci utama dalam menggerakkan sector industri, khususnya industri berteknologi maju.
Begitu pula di Internet. Tidak gampang menggerakkan massa dari Internet. Namun hal yang paling menarik adalah pada saat mengidentifikasi para pemain kunci dan pemimpinnya, juga pola pergerakkan dan cara penetrasi ke dalam komunitas tersebut.

Salah satu sarana paling efesien dalam menggerakkan massa di Internet adalah melalui Mailing List di Internet. Pengalaman penulis selama aktif di berbagai mailing list di Internet selama lebih dari sepuluh tahun, ada beberapa hal yang dapat teridentifikasi khususnya dari komunitas teknologi komputer dan Internet, yang sering dikenal dengan kata telematika atau disingkat IT. Ada beberapa orang yang menjadi pemimpin dan umumnya menjadi selebriti di masyarakat tersebut. Perdebatan, diskusi, tukar pikiran antar pimpinan komunitas teknologi informasi dapat dengan mudah di deteksi di mailing list genetika@yahoogroups.com. Maka tidak mengherankan bila para reporter dan wartawan IT dari berbagai media massa banyak berpangkalan di genetika@yahoogroups.com untuk melihat langsung pertempuran yang terjadi.

Ciri yang menarik dari para pimpinan adalah insiatif mereka untuk bergerak, mengadakan kegiatan, memberikan sesuatu ke masyarakat banyak yang lebih daripada umumnya anggota biasa dalam sebuah komunitas. Menarik untuk di simak bahwa ternyata kebanyakan pimpinan justru bukan orang pemerintah, bukan birokrat. Mereka adalah rakyat biasa, pengusaha biasa di dunia nyata. Mereka di segani karena kepiawaiannya, keahliannya, kebijakannya dalam bidang yang mereka tekuni. Berbeda sekali dengan para “pimpinan” dunia nyata, di pemerintahan, yang kebanyakan birokrat karir yang mempunyai massa mengambang. Sejauh pengalaman penulis menggembara di dunia maya, sangat jarang sekali “pimpinan” pemerintah maupun wakil rakyat yang mau berinteraksi, berdiskusi langsung dengan rakyatnya di dunia maya. Para pimpinan dunia maya biasanya berani membela komunitasnya dan berada di garis depan dengan konsekuensi sering kali berhadapan langsung dengan lembaga, instansi, badan usaha yang gerakannya tidak menguntungkan bagi komunitas IT Indonesia. Contoh nyata, di awal Januari 2002 beberapa rekan terpaksa berhadapan langsung melawan kebijakan pemerintah yang melindungi operator telekomunikasi, khususnya dalam hal jasa Internet telepon. Tentunya masih banyak hal lain yang menyebabkan pertempuran berjalan terus antara pemerintah yang tidak transparan dengan masyarakat maya yang sangat transparan.

Dalam dunia nyata, kegiatan yang dilakukan komunitas ini biasanya terjadi di sekitar para pemimpin dunia maya. Kegiatan ini dapat berupa seminar, workshop, panel diskusi, talk-show radio dan TV, maupun berbagai liputan media massa. Komunitas maya mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi banyak pihak. Banyak diantara kegiatan workshop, seminar dan sebagainya yang dapat terselenggara dengan biaya sponsor dari berbagai vendor disebabkan karena keberadaan massa komunitas maya ini. Vendor-vendor ini dengan dengan senang hati akan menyediakan sponsor, karena proses edukasi merupakan bagian tak terpisahkan dari proses pembentukan demand yang sangat strategis artinya bagi omset penjualan para vendor. Pada akhirnya semua menjadi proses yang berkait dan saling menguntung bagi semua pihak. Pola untuk mengadakan kegiatan di sekitar para pimpinan akhirnya menjadi pola yang sangat standar untuk melakukan penetrasi ke dalam massa sebuah komunitas.

Jika dikaji dengan lebih mendalam, karakteristik dari mailing list di Internet, khususnya dunia usaha dan pengetahuan ternyata sangat mendominasi forum diskusi mailing list di Internet. Pengetahuan tentang mailing list dan karakter masing-masing mailing list menjadi sangat penting bagi mereka yang ingin menggerakan massa di Internet untuk melakukan pembangunan.(onno/.dna)

Tidak ada komentar: