Minggu, 31 Agustus 2008

Kamera untuk membuat teknologi Street View di Google Map


Kami masih terus berdecak kagum dengan teknologi Street View yang ada di Google Maps dimana kita bisa melihat hampir semua jalan di negara tertentu terutama di Amerika dan Jepang. Dan akhirnya membuat kami semakin penasaran seperti apa atau bagaimana cara membuat hal seperti ini.

Setelah mencari-cari disana-sini, sepertinya kami mendapatkan alat apa yang digunakan untuk membuat Street View ini. :-)

Ternyata mereka menggunakan Dodeca 2360, sebuah kamera berbentuk sebuah bola yang ukurannya hampir sama dengan ukuran bola softball.

Kamera ini dapat mengambil gambar dalam beberapa angle (sudut) sekaligus (terdiri dari 11 lensa) dengan resolusi 2400 x 1200 pixel dengan kecepatan sampai 30 frame per detik (fps).

Kamera ini harganya sekitar Rp. 450.000.000. :-) dan sejauh ini, kamera tersebut telah merekam foto jalan sepanjang 50.000 mil di Amerika.

Okay, sekarang setidaknya kami tahu bagaimana mereka membuat teknologi Street View ini tetapi yang masih menjadi pertanyaan kami adalah bagaimana mereka membuat "blur" wajah orang yang terlihat di jalanan tersebut? Apakah dengan meng-edit-nya satu persatu? atau ada software tertentu yang otomatis akan membuat "blur" wajah orang??

Sumber berita
Riding Shotgun With Google Street View’s Revolutionary Camera

Tidak ada komentar: