Jumat, 15 Agustus 2008

Komputer Penerima Telepon Gantikan Fungsi Ponsel

Intel Corp. telah meluncurkan teknologi baru yang membuat computer ‘terbangun’ dari status power-saving tertidurnya, ketika computer menerima panggilan telepon melalui Internet. Komputer ini dapat menerima panggilan telepon secara penuh, membuat fungsi computer sebenarnya menjadi tidak berguna dan membuang energi sebagai pengganti telepon.

Komponen baru dari Intel ini diperkenalkan Intel, Kamis lalu, yang dapat membuat user secara otomatis mengembalikan computer ke dalam keadaan normal, dan status full power ketika panggilan telepon datang. Komputer dapat mengaktifkan mikrofon dan loudspeaker sebagai pemberitahuan untuk user, kemudian mulai terhubung dengan panggilan telepon.

“Komponen baru ini dapat membantu PC menjadi alat komunikasi yang lebih baik di rumah.”, kata Trevor Healy, chief executive Jajah, yang menjadi perusahaan telepon melalui Internet pertama yang menggunakan fitur Intel ini.

Menurut Joe Van De Water, director consumer product marketing dari Intel, bahwa motherboard Intel dengan kemampuan Remote Wake ini akan mulai dipasarkan mulai bulan depan. Komponen dalam motherboard Remote Wake merupakan jantung dalam setiap computer. Perusahaan besar seperti Dell Inc dan Hewlett-Packard Co. telah menggunakan solusi motherboard milik mereka, namun Intel bekerja untuk mensuplai motherboard dengan berbagai teknologi.

Motherboard Remote Wake akan diaplikasikan untuk computer desktop dan membutuhkan koneksi Internet via kabel Ethernet, seperti Wi-Fi yang tidak bekerja dalam sleep mode. Van De Water menambahkan, computer akan tahu kapan akan ‘terbangun’ dari sleep mode dan akan terbangun hanya untuk panggilan dari layanan yang digunakan user, sehingga tidak mungkin computer akan menipu user. Jajah akan memperluas kerja samanya untuk mempromosikan motherboard ini, termasuk dengan penyedia layanan seluler dari Yahoo Messenger, dan layanan IM juga Internet voice seperti Google Talk dan Microsoft Windows Live Messenger. (h_n)

Tidak ada komentar: