Senin, 12 Mei 2008

Lindungi PC Anda

Worm dapat menyebar secara cepat dan mudah dengan memanfaatkan kelengahan pengguna PC. Kesalahan utama yang sering dilakukan pengguna adalah malas menginstal software antivirus dan melakukan update.

Selain itu, pengguna sering mengabaikan adanya peringatan mengenai worm atau virus. Kecerobohan lainnya adalah membuka attachment tanpa men-scan dengan antivirus terlebih dahulu. Lalu, bagaimana caranya agar PC Anda terbebas dari segala jenis program jahat yang ada di internet? Tak sulit, sebenarnya Anda cukup mencurigai terlebih dahulu program yang akan Anda download ke PC.

Dengan kata lain, jangan sekali-sekali langsung membuka file yang Anda terima. Jika Anda menggunakan Outlook Express, pastikan Anda telah mengeset setelan yang aman.

Akan tetapi, ada beberapa worm yang cerdik, yakni dengan memanfaatkan kelemahan keamanan system computer. Kelemahan keamanan dalam system operasi Windows menjadi jalan mulus bagi masuknya penyusup-penyusup liar seperti worm, virus, dan Trojan.

Untuk menutup lubang tersebut, Microsoft telah menyediakan Patch atau penambal sesuai dengan serangan yang dilakukan penyusup. Masalahnya adalah kebanyakan orang tidak menginstal patch yang bisa download gratis dari situs Microsoft. Ketika muncul worm Blaster, contohnya, satu bulan sebelumnya Microsoft telah memperingatkan pengguna Windows untuk menginstal patch guna menangkal serangan worm tersebut.
Nah, pengguna Windows sebaiknya melakukan update secara kontinyu, agar terhindar dari serangan aneka begal digital. Khusus pemakai Windows XP, fitur update secara otomatis bisa diaktifkan sehingga PC pun selalu terlindungi.

Sekali lagi, jangan biarkan PC Anda merana tanpa dirawat bagian dalamnya. Pilih antivirus yang andal dan install ke PC.

Yang tak kalah penting, lakukan update terhadap virus definitions atau signature secara online. Tak perlu cari antivirus yang mahal, pilih saja yang gratis seperti AVG Anti-Virus yang cukup andal.
Terakhir, Anda juga perlu memproteksi PC dengan menggunakan software Firewall. Windows XP memang telah menyediakan program firewall, tapi tak ada salahnya Anda menginstal Zone Labs Zone Alarm yang jauh lebih baik.

Catatan:
Boleh percaya atau tidak, saat ini ada yang lebih berbahaya dibanding virus. Namanya virus Hoax. Apa sebenarnya hoax dan seberapa parah pengaruhnya terhadap PC? Hoax adalah pengumuman tipuan yang berisi peringatan adanya virus di PC Anda.
Jika Anda menerima e-mail yang mengatasnamakan Bill Gates, Microsoft, dan perusahaan antivirus yang isinya meminta Anda untuk menghapus sejumlah file karena terkena virus sebaiknya abaikan saja. Ini salah satu hoax yang paling sering muncul di inbox e-mail.
Peringatan palsu seperti itu telah menyebar ke seluruh dunia melalui e-mail. Tentu saja penyebarannya sangat cepat, Karena salah satu pesan yang ada di dalamnya meminta Anda untuk mem-fordward pesan tersebut ke alamat e-mail teman Anda. Jadi apabila Anda menjumpai pesan hoax, abaikan dan hapuslah segera karena apabila tidak malah dapat membuat system operasi hang. Pasalnya, file yang terhapus ternyata adalah file system Windows. Celaka! Jangan mem-forwardnya ke orang lain. Setidaknya ini untuk memotong mata rantai penyebarannya. Gunakan software antivirus untuk menghadangnya.


Oleh : Indra Meditya Mardiyanto

Tidak ada komentar: