Kamis, 31 Januari 2008

Hari ini Jakarta, Esok Medan

Pool - detikinet


Suasana Ngabubur-IT Kuta-Bali (dbu/inet)


Kuta-Bali - Ada-ada saja kelakuan dari peserta workshop Ngabubur-IT. Contohnya ketika salah satu peserta di Bali pada Jumat (28/9/2007) di Atmosphere Cafe - Kuta, ingin mengopi program freeware untuk parental software. Alasannya, seperti ujarnya, adalah agar dia dapat membatasi anaknya di rumah mengakses Internet, terlebih lagi untuk menghindari teraksesnya muatan pornografi.

Ketika flashdisk-nya dititipkan kepada panitia untuk dikopikan program yang dipinta, ternyata isinya sudah penuh. Ketika isi flashdisk dijinkan diakses oleh empunya untuk menghapus sejumlah file didalamnya, isinya ternyata full gambar-gambar syuurr!

Ya, itu hanyalah salah satu kisah bagaimana ternyata kepedulian atas ber-"Internet Sehat" ternyata masih perlu ditingkatkan. Ada lagi kisah lain ketika roadshow menghampiri Surabaya sehari sebelumnya. Ternyata peminat program parental software yang notabene bisa didapatkan dengan gratis dan legal di Internet tersebut, datang dari kelas yang beragam.

Usai acara ketika itu, berbondong-bondonglah sejumlah peserta menitipkan flashdisk-nya untuk mengopi program parental software tersebut. Mereka kebanyakan adalah dari kalangan pengusaha hingga mahasiswa. Dan yang menarik adalah, ketika dua orang pegawai katering yang kala itu sedang bertugas, turut tergopoh-gopoh menitipkan flashdisk-nya. "Saya tertarik dengan programnya mas. Boleh ikut ngopi?," pintanya saat itu.


Romantis

Ya, tiap kota yang disinggahi oleh acara roadshow Ngabubur-IT tersebut selalu memiliki kisah yang unik. Ketika mampir di Kuta pada Jumat lalu, suasana ala 'anak pantai' tak dapat dihindari. Sejumlah pembicara dan sekitar 60-an peserta yang memadati tempat acara, mengenakan busana santai, semisal celana selutut, kaos oblong dan bahkan ada yang beralas kaki sandal pantai saja.

Suasana Atmosphere Cafe yang tak jauh dari bibir pantai pun memberikan latar suara yang alami, deburan air laut. Bahkan ketika sore menjelang, para peserta bisa sambil menikmati lembayung (sunset) yang luar biasa indah, berwarna kejinggaan di kejauhan. Dengan pemandangan, yangmenurut kata orang, sangat romantis, diskusi tetap berjalan penuh konsentrasi dengan tanya-jawab yang diselingi canda-tawa.

Sejumlah pemateri pun tak sempat berlama-lama menatap keindahan alam Kuta, apalagi berjalan-jalan di pinggir pantai dari siang hingga saat sunset tiba. Sebab secara non-stop sejak acara di buka pukul 15.00 WIT hingga 18.15 WIT tersebut, materi yang cukup bernas harus disajikan kepada peserta.

Acara dibuka dengan ucapan selamat datang oleh Harry Deejee dari XL, yang dilanjutkan dengan paparan sejumlah update teknologi XL terkini semisal 3G-HSDPA dan Blackberry oleh rekan sejawatnya, Rio Imanoto Hadi.

XL pun memberikan dukungan penuh berupa akses Internet kecepatan tinggi 3G-HSDPA dalam tiap tempat yang disinggahi roadshow Ngabubur-IT untuk keperluan demo maupun digunakan oleh para peserta yang membawa notebook.


Next-Generation Network

Setelah materi dari XL, acara pun dilanjutkan dengan demo singkat tentang pemanfaatan program parental software oleh ICT Watch. Dengan singkat namun padat, peserta mendapatkan informasi tentang bagaimana teknis mengatur alokasi waktu yang diperbolehkan untuk ber-Internet dan bagaimana memblokir sejumlah situs yang tak layak.

Usai materi tersebut, Onno Purbo pun berlaga dengan mendemokan sejumlah kiat membangun wajanbolic dan sentral telepon berbasiskan Next-Generation Network. Bak juru kampanye, Onno dengan lantang menyampaikan materinya. Dengan piawai tangannya lincah menari-nari di atas sejumlah hardware yang saling terhubung kabel. Sesekali tangannya tampak menyentuh papan bidai pada notebooknya.

Ponsel Nokia E-Series turut menjadi salah satu piranti demo Onno. Dengan ponsel tersebut, Onno mendemonstrasikan bagaimana cara bekerja teknologi 2-2,5G (voice call), 3G (video call) dan 4G (internet call) telah dapat dilakukan pada ponsel Nokia E-Series tersebut. Di awal sesi, Onno sempat mempersilahkan Ranu Arifudin dari UFO Akses Indonesia untuk mendemokan perangkat antena wifi dan router board buatan Indonesia.


Senayan - Jakarta

Hari ini, Senin (1/10/2007) rangkaian workshop Ngaburbur-IT akan singgah di Senayan - Jakarta, tepatnya di Front Row Cafe, Kompleks Taman Ria Senayan, Jl. Gerbang Pemuda Senayan.

Anda tertarik untuk ikut? Silakan mendaftarkan diri Anda langsung di tempat dengan biaya investasi Pelajar, Mahasiswa : Rp 100.000, atau Umum : Rp 115.000. Untuk konfirmasi, silakan menghubungi bagian TicketBox Detikcom di 021-7944473.

Adapun, susunan acara yang mengambil tema "Productive Life Through Efficient, Fast and Smart Mobile Access" adalah sebagai berikut:

- 14.30 - 15.00 : Re-registrasi & Pembukaan
- 15.00 - 15.15 : Materi Internet Sehat (ICT Watch)
- 15.15 - 16.00 : Materi Blackberry dan 3G-HSDPA (XL)
- 16.00 - 17.45 : Materi NGN, 4G dan VoIP (Onno W. Purbo)
- 17.45 - 18.00 : Berbuka puasa (rehat kopi), Ramah tamah dan Shalat Maghrib
- 18.00 - 19.00 : Makan Malam dan Diskusi Santai.


Medan Penutupan:

Setelah Yogyakarta, Surabaya, Bali dan Jakarta, pastikan Anda di kota Medan tak melewatkan penutupan rangkaian roadshow Ngabubur-IT tahun ini.

- Medan
--- Hari, Tanggal: Selasa, 2 Oktober 2007
--- Tempat: The Traders Restaurant, Jl. Kapten Pattimura
--- Investasi:
-------- Pelajar, Mahasiswa : Rp 70.000,-
-------- Umum : Rp 85.000,-

Jika Anda ingin ikut berpartisipas, pendaftaran dapat dilakukan secara online di alamat: http://ticketbox.detik.com. Pendaftaran juga dapat dilakukan melalui bagian TicketBox Detikcom di 021-7944473, atau langsung di tempat saat hari pelaksaan (dengan melakukan konfirmasi/reversasi sebelumnya).


Bergegaslah, tempat sangat terbatas!


Fasilitas Peserta

- Doorprize dan Merchandise dari pendukung acara
- Booklet Internet Sehat
- Diskon Video Tutorial VoIP Onno Purbo sebesar 30% dari harga normal Rp 50.000,- (terdiri atas 2 keping CD dan 1 Booklet, yang dapat ditandatangani langsung oleh Onno Purbo)
- Ta'jil (penganan) Berbuka Puasa / Rehat Kopi
- Makan Malam
- Diskon untuk Buku RT-RW Net dan Buku Antenna Wajanbolic Onno Purbo


Mitra Pendukung

- Excelcomindo Pratama, PT (XL)
- Nokia Indonesia
- ICT Watch Indonesia
- Majalah InfoKomputer dan Tabloid PC-Plus
- Andi Publisher
- UFO Akses Indonesia


*) ngabubur-IT adalah program talkshow soal IT (information technology sembari menunggu saat berbuka puasa (ngabuburit) yang diikuti oleh siapapun tanpa ada batasan usia, jenis kelamin, agama dan pendidikan. Disampaikan secara ringan dan santai dari kafe ke kafe, menjadikan acara ini sebagai ajang diskusi IT yang mudah dicerna namun padat ilmu dan sarat manfaat.



Keterangan foto:
- Onno Purbo dengan lantang menyampaikan programnya
- Para peserta tekun menyimak 'kampanye' Ngabubur-IT
- Salah seorang peserta (kanan) beruntung mendapatkan grand door prize berupa 3G Data Card persembahan dari XL yang diserahkan langsung oleh Harry DeeJee dari XL (kiri) dengan disaksikan oleh Onno Purbo (tengah)
- Sambil menyimak materi yang disampaikan, banyak juga peserta yang memanfaatkan akses Internet gratis berkecepatan tinggi selama acara berlangsung
- Dari ujung ke ujung, di atas meja terhampar seluruh alat peraga Next-Generation Network
- Suasana sunset di pantai Kuta, dapat dinikmati oleh para peserta (foto diambil langsung dari dalam ruang kafe tempat acara berlangsung, yang berpintu kaca tembus pandang langsung ke arah pantai)

Tidak ada komentar: