Sabtu, 26 Januari 2008

IBM dengan Era Komputer Petaflop

asman asfo nur


Jeroan Blue Gene/P (wikimedia/gnu fdl)


California - Komputer dengan kemampuan memproses lebih dari 3 quadrillion operasi per detik telah lahir dari rahim IBM. Era baru di dunia superkomputer?

IBM mengumumkan Blue Gene/P, sebuah superkomputer yang mampu melakukan operasi pada tingkat petaflop. Artinya, komputer ini mampu memproses operasi/hitungan pada tingkat quadrillion operasi per detik (1 quadrillion = 1 juta miliar).

Blue Gene/P dirancang beroperasi 1 petaflop untuk keadaan sehari-hari. Sedangkan maksimalnya, superkomputer ini disebut-sebut mampu mencapai 3 petaflop. Sebelum Blue Gene/P, komputer terkuat di dunia adalah Blue ene/L yang mampu mencapai 280 teraflop alias 280 triliun operasi per detik.

Seberapa dahsyat Blue Gene/P? Proses yang dilakukan superkomputer ini bisa dianalogikan sebagai proses yang dilakukan oleh ribuan laptop yang banyaknya setara dengan susunan laptop setinggi 2,4 kilometer.

Blue Gene/P diumumkan berdekatan dengan International Supercomputing Conference di Dresden, Jerman. Pertemuan itu biasanya melahirkan daftar Top 500 Superkomputer di dunia. Diperkirakan Blue Gene/P akan memasuki posisi 10 teratas daftar tersebut.

Seperti dikutip Cnet, Selasa (26/1/2007), Blue Gene/P akan digunakan oleh laboratorium dari Departemen Energi Amerika Serikat. Tepatnya di Argonne National Laboratory mulai tahun 2007 ini.

Setelah itu Blue Gene/P juga akan digunakan di Jerman oleh pusat riset Max Planck Society dan Forschungszentrum Julich di tahun 2007. Menyusul kemudian di beberapa lokasi riset lain di AS dan Inggris.

Blue Gene/P memiliki beberapa rak yang masing-masingnya menggunakan 32 board. Setiap board menggunakan 32 chip Blue Gene/P yang mencakup empat prosesor PowerPC 850MHz.

Untuk mencapai kemampuan 1 petaflop, total ada 294.912 prosesor dalam 72 rak. Sedangkan untuk 3 petaflop, dibutuhkan 884.736 prosesor dengan cluster 216 rak.

Tidak ada komentar: