Kamis, 31 Januari 2008

Microsoft Lepas Office 2007 Prepaid di Surabaya

Surabaya - Upaya penyadaran penggunaan software original terus digalakkan. Meniru konsep ponsel, Microsoft menelorkan Office 2007 prepaid alias prabayar. Produk yang lebih pas dipakai untuk perusahaan yang tidak ingin mempunyai office 2007 seumur hidup ini dipastikan lebih banyak diminati di Jawa Timur.

Sistem prabayar yang 'kartu' perdananya seharga US$ 50 ini mempunyai masa berlaku selama 6 bulan. "Setelah itu user bisa memperpanjang dengan membeli voucher yang masa berlakunya tiga bulanan," kata Ari Kunwidodo, Director Original Equipment Manufacturer (OEM) PT Microsoft Indonesia saat bincang-bincang dengan detiksurabaya.com di Hotel JW Marriot, Jl Embong Malang, Surabaya, Kamis (31/1/2008).

Voucher yang nantinya bisa didapatkan di pusat pertokoan komputer ini, kata Ari, dijual US$ 35. "Cukup murah dan paling cocok digunakan untuk perusahaan atau unit usaha yang ingin pengeluarkan kas setiap bulannya teratur," katanya.

Meski bersifat prabayar, Ari menjamin, user tidak akan kehilangan data yang tersimpan ketika masa berlaku kartu perdana habis. "Data tetap aman, tetapi user hanya bisa melihat dan nge-print saja. Selebihnya tidak bisa, kecuali user mau mengisi ulang kembali," terangnya.

Sistem prabayar yang pertama di Asia Pasifik ini, kata Ari, tidak ada batas waktu hangus atau expired. "Kapan saja mau diisi ulang bisa, sekali lagi jika user belum memperpanjang tidak akan merusak atau menghilangkan data yang dimiliki dalam Office itu," tegasnya.

Langkah lain yang ditempuh Microsoft, kata Ari, setiap notebook baru nantinya sudah ada fasilitas Office ready image. Hanya masa berlakunya cukup 60 hari. "Setelah lewat masa berlakunya, user akan ditanya apakah akan memperpanjang atau tidak. Kalau ingin tinggal beli voucher-nya," ujarnya.

Cara aktivasi Office prepaid pun lanjut Ari cukup mudah. Untuk tahap awal user diwajibkan terkoneksi dengan internet. "Setelah online cukup memasukan serial number yang ada di kartu perdananya," jelas Ari.

Selain meluncurkan Office 2007 prepaid, Microsoft juga mengenalkan Windows Vista SP1 Update, Office 2007 SP1 Update serta OEM Tool for system Builder. Acara itu akan digelar di Hotel JW Marriot Surabaya, Kamis (31/1/2008) malam. ( gik / dwn )

Tidak ada komentar: